Motor ini pertama diluncurkan pada tahun 1990. Dulu, dealer resmi suzuki di Karawang belum banyak seperti sekarang. Bapak saya membeli motor ini dengan harga Rp 2.850.000 pada tanggal 1 Oktober 1990. Kapasitas mesinnya adalah 109 cc. Top speed motor ini dapat mencapai 130km/jam pada kondisi baru.
Setelah hampir duapuluh tahun, motor ini diwariskan kepada saya. Belum pegang lama, kecepatan motor ini sudah saya tes dan dapat mencapai top speed 115 km/jam dengan kondisi masih full standard, belum oversize dan plat kopling masih bawaan motornya. Ukuran spuyer motor ini adalah 22.5 untuk pilotjet dan 95 untuk mainjetnya menurut buku panduan yang disertakan saat membeli motornya. Tapi kenyataannya ukuran pilotjet nya malah 20 dan mainjet nya 90, sesuai dengan buku panduan yang ada di dealer resmi. Kalo saya yang bawa bisa 1L:25km dan nyaingin borosnya ninja 150rr yang kabarnya juga segitu konsumsi bahan bakarnya. Kelebihan dari motor ini adalah powernya yang mantap di putaran atas, lincah karena berat keseluruhan motor hanya 84kg dan ukuran ban yang tidak terlalu lebar yaitu 2.25-17 untuk ban depan dan 2.50-17 untuk ban belakang dan desainnya yang moderen. Kelemahannya yang saya rasakan adalah kurang stabil di kecepatan tinggi, suka ngeden di jalan yang bergelombang jika gas dibuka penuh, rem nya yang kurang baik karena masih menggunakan drum brake dan tempat duduknya yang tidak terlalu luas (kurang panjang). Bahan bakar yang digunakan cukup premium dan oli mesin atau istilah saya oli atas (supaya gak keliru) pakai motul 510, sedangkan oli transmissi (oli bawah) pakai yang kekentalannya 20W-50 sesuai dengan yang dianjurkan di buku panduan.
SPESIFIKASI SUZUKI RC 110 CDK
DIMENSI DAN BERAT KESELURUHAN
Panjang keseluruhan 1,814 mm
Lebar keseluruhan 650 mm
Tinggi keseluruhan 1,030 mm
Jarak gandar 11,95 mm
Jarak mesin ke tanah 115 mm
Berat keseluruhan 84 kg
MESIN
Type 2 langkah, dengan sistim pendinginan udara yang dikompressi
Sistim pemasukan bahan bakar Katub reed valve
Jumlah silinder 1 (satu)
Diameter silinder 54 mm
Langkah torak 48 mm
Isi silinder 109 cc
Perbandingan kompresi 6,9:1
Jenis karburator MIKUNI VM16SH, tunggal
Saringan udara Elemen busa polyurethane
Sistim starter Starter electrik dan starter kaki
Sistim pelumasan SUZUKI CCI
Sistim pendinginan Udara bertekanan tinggi (Jet Cooled)
Sumber : buku pedoman pemakaian dan perawatan suzuki RC 110
suzuki crystal supaya ga ngeden ditanjakan apa perlu ganti gir
BalasHapusMas di jual kh crystal y. Ni no hp saya.087716196459
BalasHapusSaya ada om Suzuki crystal lumayan mulud
Hapus